Saturday, June 30, 2012

7 Cara Sederhana Agar Kita Bisa Bahagia

Sungguh setiap harimu kan tercipta, dimulai dari cara  yang sederhana.
Sungguh semua hati bisa bahagia, meski  lewat  pikiran yang sederhana  
( Rey_77 )
Sumber: bukagambar.com
Sahabat Yang Berbahagia
Sejatinya sebuah kebahagiaan itu adalah sebuah perasaan yang sederhana tapi indah. Perasaan yang membuat kita merasa nyaman meski dalam kondisi yang tak memberi kenyamanan.
Karena bahagia itu ada di dalam hati kita, di perasaan yang kita ciptakan dan juga dari pikiran kita yang positif dalam memandang setiap sisi kehidupan.
Bagaimana cara kita menggali kebahagiaan dari dalam diri.  Karena pada hakikatnya kebahagiaan itu letaknya di hati.
Berikut ada beberapa cara sederhana agar kita bisa bahagia :

1.  Bebaskan hati dari rasa benci.
Rasa benci itu adalah manusiawi  karena muncul dari ego kita sebagai insan yang miliki perasaan. Perasaan yang peka untuk setiap sentuhan kondisi dan keadaan.
Namun jika itu terus dibiasakan maka akan menjadi pelanggan tetap di hati sehingga ia kan terus singgah meracuni kebebasan hati.  Memang rasa benci itu awalnya hadir dari sikap tak menerima kondisi atau bisa jadi karena sakit hati. Namun keduanya tak sepenuhnya disebabkan oleh orang lain, melainkan dari perasaan dan pikiran kita sendiri.
Rasa benci merupakan rasa yang dibangun, bukan sepenuhnya hadir dengan sendirinya seperti halnya rasa cinta.
Bisa jadi karena iri, dengki, tersakiti, tak menerima perbedaan, tak ikhlas dan banyak lagi adalah sebab dari hadirnya rasa benci itu. Namun jika kita bisa membiasakan diri untuk menerima, memahami, ikhlas dan mema’afkan maka akan terbentuk sikap diri yang bijaksana. Bijaksana terhadap orang lain dan juga bijak untuk diri sendiri. Sehingga hati kita senantiasa merasa lapang, bebas dari rasa benci.
Intinya adalah jadilah pribadi yang slalu memaafkan atas dasar rasa cinta. Karena mencintai adalah penuh kebahagiaan.

2.  Bebaskan pikiran dari rasa cemas.
Banyak sekali hal-hal yang tak seharusnya dicemaskan dalam hidup ini. Sesuatu yang belum terjadi dan belum kita ketahui. Kecemasan itu bisa menghantui pikiran kita, meresahkan hati yang mengganggu perasaan yang itu semua kita ciptakan sendiri.
Kalau kita cemas pastinya tak dapat lagi berpikir jernih. Sehingga penuh dengan ketakutan-ketakutan yang muncul dari dalam pikiran kita sendiri. Bagaimana ingin berbahagia kalau selalu merasa cemas.
Yakinlah sobat, bukankah segalanya ada yang mengatur, Jadi jalani saja, tetap tenang dan usahakan yang terbaik. Kemudian serahkan pada Tuhan apapun yang akan terjadi nanti. Berpikir positif dan berharap baik adalah satu kunci kebahagiaan. Jadi, bebaskanlah pikiran kita dari rasa cemas.

3.  Hiduplah Sederhana
Hidup sederhana bukan berarti hidup yang bermalas-malasan, menerima begitu saja tentang apa adanya. Tetapi hiduplah apa adanya dan sebagaimana mestinya. Tetap saja kita harus menuntut dunia untuk memperoleh yang lebih baik. Tapi tetaplah sederhana dalam menjalani kehidupan.
Saat ada syukurillah, saat berlebih berbagilah dan saat tak ada bersabarlah. Sehingga hati ini kan slalu di hiasi kebahagiaan. Kebahagiaan dari rasa syukur.

4.  Jangan Pernah Berhenti Memberi.
Memberi adalah suatu kebahagiaan, disaat kita melihat senyum dan doa dari orang yang kita beri. Tentunya kita juga akan merasa bahagia. Disaat kita yakin bahwa banyak memberi maka kita juga kan banyak menerima, itu adalah suatu kebahagiaan. Tak ada yang salah kan dari berharap atas apa yang kita lalukan? Bukankah itu suatu keyakinan. Yakin akan janji Tuhan, yang berarti kita memiliki Iman di hati. Seperti juga halnya yang disampaikan Ustadz Yusuf Mansur tentang keajaiban sedekah,
Yakini saja. Insya Allah! Tentunya kita akan merasa bahagia.
Tapi yang paling utama adalah jangan pernah berhenti memberi. Karena memberi itu sungguh keajaiban bagi hati. Semakin banyak kita memberi maka akan semakin hati ini merasa lapang

5.   Jangan Berharap Yang Berlebihan
Hidup itu adalah harapan. Hidup adalah impian. Kita boleh saja berharap dan punya impian tapi jangan berlebihan.Sungguh hal itu akan memberi kekecewaan apabila yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jadi sederhana saja dalam berharap. Jangan terlalu muluk-muluk. Karena yang muluk-muluk itu bisa menjatuhkan perasaan saat tak terwujudkan.

6.  Bersikap Realistis
Menyadari bahwa hidup ini adalah realita maka tentunya kita harus pula bersikap dan bertindak yang realistis. Kita bisa memandang hidup dengan kacamata buram, atau dengan kacamata yang terang. Namun, semua itu tak akan bermanfaat jika kita tidak bersikap realistis dan berusaha mewujudkannya dalam bentuk kerja dan usaha sepenuh hati.
Bersikaplah yang realistis yg artinya memahami kenyataan. Bersikap sesuai dengan kemampuan dan keadaan. Dengan begitu InsyaAllah kita akan slalu merasa tenang. Dan dekat dengan kebahagiaan.

7.  BersyukurLah!
Kebahagiaan itu ada pada rasa syukur. Jadi, Berbahagialah atas semua yang kita miliki.
Intinya Syukur itu indah. Tak mesti dijelaskan lagi karena semua tentu telah memahami tentang berartinya rasa syukur itu.

image from here
Demikian 7 cara sederhana menurut saya agar kita bisa bahagia dalam menjalani kehidupan . Agar menjadi pelajaran khususnya bagi saya dan bermanfaat untuk hidup kita semua.
Tentunya masih banyak lagi cara-cara sederhana lain yang belum saya ketahui. Semoga waktu bisa terus membagi pengalamannya. Memberi dan menjadi pelajaran khususnya bagi saya dan bermanfaat untuk hidup kita semua. Amien!

Tentunya masih banyak lagi cara-cara sederhana lain yang belum saya ketahui. Semoga waktu bisa terus membagi pengalamannya. Memberi dan menjadi pelajaran khususnya bagi saya dan bermanfaat untuk hidup kita semua. Amien!


Tentunya ada cara lain menurut Anda?


Salam Bahagia !

Rey Maulana

2 comments: