Monday, June 4, 2012

CARA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK


Image from here
Sobat,
Kita bisa berfikir, berbicara, melihat dan mencipta dengan benda kecil dalam kepala kita yang merupakan anugerah luar biasa yang patut kita syukuri. Benda itu bernama Otak dan disitulah pusat pengendali tubuh kita, sebagai pusat kecerdasan dan intuisi hidup. Begitu besarnya potensi yang tersimpan pada otak kita mungkin hanya akan menjadi harta karun yang terpendam saja jika tak di asah dan dipertajam sehingga lebih bermanfaat untuk hidup kita.

Perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang sedari kecil kita lakukan. Cara belajar kita, lingkungan, orang-orang di sekeliling kita dan berbagai hal. Sampai saat kitapun dewasa, mampu berfikir dan ingin lebih cerdas lagi dalam cara berfikir kita.
Siapa sih yang tidak menginginkan memilik otak yang cerdas dan lebih kreatif ? 

Tentunya kita sudah mengenal beberapa kebiasaan baik yang punya nilai dan manfaat lebih di hidup kita serta akan membantu meningkatkan kemampuan otak kita, diantaranya yaitu :
  • ·         Banyak Membaca,  akan lebih membuka wawasan, meningkatkan kecerdasan dan cara pandang kita.
  • ·         Sering Jalan-jalan,  juga bisa membuka pikiran dan menambah wawasan kita, selain itu juga bisa mengusir rasa jenuh.
  • ·         Bertemu dan berkenalan dengan orang baru
  • ·         Aktif di komunitas, memiliki kegiatan
  • ·         Menjelajahi Internet,
  • ·         Bermain Game
  • ·         Berolahraga
  • ·         Belajar keterampilan/ keahlian baru
  • ·         Berkarya, Menikmati Musik, Belajar Memasak, dan Membuat suatu  kerajinan.  
Lalu untuk lebih memberikan stimulasi atau rangsangan pada otak kita ada cara lain yang mesti kita lakukan , yaitu :
  • ·         Perhatikan Segala Yang Terjadi di Sekitar Kita
Jangan hanya melihat apa yang kita jalani, kita punya dan ada disekitar hidup kita sehari-hari tanpa pernah memperhatikannya. Kita bisa melihat, mengamati dan memperhatikan apa saja yang mungkin tidak diperhatikan oleh orang lain di sekitar kita. Yang berarti kita harus lebih jeli dalam melihat sesuatu. Sehingga hal apapun yang mungkin tampak biasa-biasa saja di mata orang lain bisa merupakan atau menjadi sesuatu yang luar biasa jika kita kembangkan menjadi sebuah ide baru.
Untuk itu perhatian kepada dunia di sektar kita akan membantu mengembangkan kemampuan otak kita.

  • ·         Ubahlah Berbagai Kebiasaan
Hampir semua aktivitas kita diatur oleh yang namanya kebiasaan. Mengutip dari pendapat Aristotle, Stephen R. Covey mengatakkan “Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang-ulang. Karena itu keunggulan bukanlah suatu perbuatan , melainkan sebuah kebiasaan”
Kebiasaan itu bisa jadi baik, tapi juga bisa menjadi penghambat untuk perubahan kita. Karena pada hakikatnya  ilmu pengetahuan akan slalu berubah, tumbuh dan berkembang seiring waktu. Sedangkan kebiasaan  itu bersifat tetap dan kaku. Itu merupakan sesuatu yang alami, namun bagaimana bisa maju jika slalu mengikuti hal yang itu-itu saja, kaku dan tak ada perubahan.
Untuk lebih melatih dan mengembangkan kemampuan kerja otak, kita bisa menstimulasinya dengan melakukan hal-hal baru .
Lakukanlah sesuatu di luar kebiasaan kita !
Mulailah dengan hal-hal yang sederhana yang nantinya akan memunculkan cara berfikir baru dan solusi kreatif. Jelas hal ini takkan bisa di dapat jika kita hanya menjalani rutinitas semata di kehidupan sehari-hari. Rubahlah kebiasaanmu!

Nah, itulah cara-cara meningkatkan kemampuan otak kita, semakin banyak dilakukan maka akan  semakin mengasah kecerdasan dan tentunya cara berfikir kita jadi lebih kreatif.
Namun yang lebih penting dari semua itu adalah :
  • ·         Berbuatlah, bertindaklah dan jangan pernah takut gagal.
  • ·         Kalahkan rasa takutmu dan lakukan dengan segera. Itulah cara terbaik untuk mengatasi rasa takut yang bisa menghambat kemajuan kita.
Semoga Bermanfaat!

By. Ridho Maulana

7 comments:

  1. Subhanallah... memang otak manusia itu unik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Bener banget bro...Begitulah adanya ciptaan Tuhan..hehee
      Salam!

      Delete
  2. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  3. artikel nya bagus sekali, semoga saya bs melkukannya. kunjungi jg site saya di http://fahrub.blogspot.com/2013/02/efek-samping-obat-kimia_17.html

    ReplyDelete
  4. Makasih ilmunya, ini sangat bermamfaat buat orang yang berminat meningkatkan taraf pemikiran yang +.

    ReplyDelete