Saturday, October 6, 2012

ARTI SEMANGAT


image from here
Sahabat,

Apakah arti semangat?
Terkadang kita begitu bersemangat untuk merencanakan sesuatu. Baik itu  soal pekerjaan, karir, belajar/ menuntut ilmu, menjalin hubungan, usaha, berkarya maupun dalam mengejar target. Kita tahu bahwa semangat itu ada pada keyakinan dalam diri kita. Kita juga tahu bahwa semangat itu ada pada minat kita terhadap apa yang akan dan kita lakukan.

Tapi terkadang itu barulah sebuah rencana dan bukan berarti semangat yang sesungguhnya. Karena  sejatinya sebuah semangat itu bukan hanya mesti ada diawal kita melakukan sesuatu. Tapi ia perlu dipertahankan dan dimunculkan terus menerus dalam menyelesaikan apa yang kita lakukan. Sehingga rasa semangat itu benar-benar menjadi energi kita dalam berproses.
Sebuah contoh sederhana, seorang siswa mengatakan bahwa ia bersemangat sekali untuk pergi ke sekolah. Tapi mungkin di sekolah Ia hanya bersemangat di awal-awal hari saja. Setelah beberapa jam kemudian. Baru menemukan hal-hal yang sulit, pelajaran yang rumit, atau guru yang tak disukainya, Siswa tersebut sudah  mulai mengeluh dan kehilangan gairah untuk belajar. Dan itu berarti siswa itu tidak memiliki semangat yang sesungguhnya.

Arti semangat adalah bagaimana kita bisa membuktikan dan mempertahankan semangat itu sendiri. Tentunya  bukan sebuah rencana diawal saja. Tapi dalam seluruh proses yang sudah kita inginkan dan kita jalankan sebaik mungkin dengan rangkaian rasa semangat tersebut.

Apakah arti semangat ?
Apakah kita masih bersemangat saat baru saja kita menemukan kendala ?
Apakah kita masih bersemangat ketika rasa lelah mulai menghampiri kita ?
Apakah kita masih bersemangat saat sebuah masalah datang di hidup kita ?
Dan apakah kita masih bisa bersemangat ketika menemukan jalan buntu di ujung jalan kita..?

Yiaaach, itulah bagaimana kita bisa mengartikan apa yang dinamakan dengan semangat yang sesungguhnya. Seperti halnya waktu , bukan berarti semangat itu hanya ada pada pagi hari yang cerah, segar dan begitu  riang gembira. Namun semangat itu juga harus tetap ada di saat siang yang begitu panas, gerah dan penuh beban dalam pikiran kita. Hingga sore pun tiba menjemput malam, kita juga harus mempertahankan semangat tersebut sampai hari berakhir dengan malam yang menutup hati dengan ketenangan.

Semangat merupakan roh kehidupan yang menjiwai segala tindak tanduk kita. Semangat mampu memberikan kekuatan. 
Semangat mampu menciptakan jalan.
Semangat bisa mengusir ketakutan
Semangat bisa mengobati rasa lelah
Semangat bisa mematahkan kesulitan.
Semangat akan mengantarkan kita pada tujuan
Semangat akan membawa ke tempat yang kita inginkan
Semangat akan menerangi kegelapan kita
Dan arti semangat ada pada semangat yang begitu berarti dan menciptakan banyak arti.

Semangat itu muncul dari sebuah keyakinan  
Keyakinan itu merupakan sesuatu yang muncul karena dijalani 
bukan karena perkataan semata.

Semoga kita semua senantiasa bersemangat. memahami dan merasakan    arti semangat di hari-hari kita. semangat di setiap waktu dan keadaan di hidup kita. Amien!

6 comments:

  1. makasih ya atas tulisannya... saya minta izin mengcopynya soalnya sangat berguna dalam membangkitkan semmangat.... Makasih bnyk ya.. :)

    ReplyDelete
  2. yaph..silahkan...
    Okey, sama2 bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak... Mohon izin utk me-copy ya...

      Delete
  3. okey,, skelai lagi makasih yag sob...

    ReplyDelete
  4. The Americans - Season 4 Episode 7 | Watch Free Full Movie Streaming Online

    Watch Free Full Movie Streaming Online - Rootomovie.com

    ReplyDelete